SEARCH PKS post

9/21/2007

Hari Bebas Kendaraan Bermotor 2007, Sudirman-Thamrin Ditutup

JAKARTA, KCM - Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman (dari Patung Pemuda sampai Bunderan HI) dan sepanjang Jalan MH Thamrin (dari Bunderan HI sampai Patung Arjuna), Jakarta, pada Sabtu (22/9), pukul 06.00-19.00 WIB, akan dijadikan kawasan tertutup bagi kendaraan bermotor milik pribadi dan kendaraan umum bermotor, kecuali bis di Busway dan kendaraan umum lain dengan rute tetap. Pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor 2007 (HBKB 2007) itu, selama kawasan tersebut ditutup, di sana akan diadakan kegiatan utama berupa pengukuran kualitas udara.

Kegiatan utama lainnya adalah uji emisi gratis bagi 1.000 kendaraan bermotor milik siapa saja yang melewati jalan-jalan di seputar Monumen Nasional. Uji emisi itu akan dilakukan di Lapangan IRTI, Monas, pukul 08.00-15.00 WIB.
Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta (BPLHD Provinsi DKI Jakarta) berdasarkan Perda No 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, khususnya penerapan Pasal 27 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).
Diterangkan oleh Damantoro (Tori) dari Seksi Acara HBKB tahun ini, Bunderan HI akan menjadi tempat digelarnya acara pembukaan dan acara penutupan HBKB tersebut. "Di situ akan didirikan panggung," katanya kepada KCM, Kamis (20/9). "Berhubung HBKB kali ini diadakan di bulan puasa, rangkaian acara itu dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, pukul 07.00 sampai pukul 15.00, dan bagian kedua, pukul 15.00 sampai berbuka puasa," sambungnya.
Papar Tori, yang bernaung di bawah LSM Swiss Contact, di Bunderan HI mulai pukul 07.00 akan dipajang sebuah bola dunia bergaris tengah 15 meter.
Sementara itu, pada pukul 07.00-08.00 di kawasan Patung Pemuda dan Patung Arjuna akan diadakan aksi simpati berisi ajakan untuk peduli kepada kebersihan udara.
Pada pembukaan rangkaian acara bagian kedua, pada pukul 15.00, di panggung Bunderan HI pihak MURI (Museum Rekor Indonesia) akan menyerahkan serifikat pemecahan rekor uji emisi 1.000 kendaraan bermotor ke pihak penyelenggara kegiatan tersebut. "Setelah itu, dijadwalkan, Gubernur Prov DKI Jakarta, Sutiyoso, akan mencanangkan uji emisi," katanya lagi.
Menjelang waktu berbuka puasa, mulai pukul 16.30, akan diadakan kegiatan besepeda santai. Sesudahnya, di atas pentas akan disajikan hiburan bernuansa bulan Ramadhan, yaitu nasyid, marawis, dan shalawat modern. Dari panggung tersebut digulirkan pula kuis peduli lingkungan hidup yang berkait dengan pengendalian dan perbaikan kualitas udara.
Bunga, salah seorang dari empat peserta Grand Final Pildacil (Pemilihan Da’i Cilik) 2006, lomba dakwah untuk anak di layar kaca Lativi, akan berdakwah di panggung yang sama. Ketika waktu berbuka puasa tiba, mereka yang berpuasa dapat berbuka dengan hidangan yang dijual dalam bazar yang digelar di situ.

0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP