SEARCH PKS post

8/28/2006

Menjadi Organiser Andal

Untuk memudahkan membangun sebuah organisasi seperti serikat pekerja, setidaknya diperlukan kualitas dan keterampilan pribadi yang mumpuni sehingga kawan yang akan diajak bergabung menjadi lebih yakin

A.Tulus
Jangan berharap mendapatkan imbalan atau pujian dari orang lain atas apa yang tengah Anda lakukan. Jika terjadi perubahan yang lebih baik, anggap sebagai keberhasilan bersama.

B.Ulet dan Tabah
Meski menyakinkan kawan sendiri, terkadang akan menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan dan membosankan. Sisi emosional Anda kadang akan terkuras habis. Karenanya, seorang organiser harus ulet dan tabah.

C. Kreatif

Seorang organiser yang baik harus terus mampu mencari bahan pengorganisiran. Pada tahap awal, sebelum bisa meyakinkan untuk membentuk serikat pekerja, buatlah aktivitas yang lebih santai seperti arisan, rujakan dan lain-lain.

D. Fleksibel
Seorang organiser harus dapat menjaga tingkah laku,tutur kata, dan sikap. Anda harus peka membaca kondisi serta situasi yang terjadi di perusahaan.

E.Penghormatan
Seorang organiser harus menghormati kawan lain yang berbeda agama, keyakinan dan suku.

F.Humoris
Ini penting dimiliki seorang organiser. Dengan rasa humor yang tinggi, organiser dapat mudah menjalin perkawanan. Rasa perkawanan setidaknya mampu menjadi bekal untuk membangun kepercayaan.

G.Komunikasi
Seorang organiser harus bisa berperan sebagai seorang komunikator yang dinamis. Komunikasi harus dilakukan dua arah. Jangan sampai merasa lebih pintar dari kawan lainnya.

H.Kemampuan Agitasi
Agitasi merupakan suatu bentuk komunikasi yang khusus.
Agitasi tidak hanya bertujuan membuat orang mengerti suatu persoalan tetapi juga membuat tertarik, antusias untuk terjun dan berperan.

I.Teliti dan Detail
Kelengkapan data merupakan hal penting dalam sebuah pengorganisiran. Sering kali organiser mengabaikan persaolan ini karena dianggap berbelit-belit dan membosankan. Padahal ini begitu penting. Ingat, sedikit saja Anda membuat kesalahan, bukan tidak mungkin akan meruntuhkan perjuangan yang sedang dibangun.

0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP