SEARCH PKS post

8/11/2006

Kejujuran & Ketulusan

Kejujuran & Ketulusan hati amat sulit ditemukan pada kehidupan seseorang dewasa. Dalam dataran pergaulan orang dewasa dapat ditemukan orang jujur tetapi tidak tulus ; sebaliknya ada orang yang tulus tetapi takut berbicara jujur.

Memang kejujuran & ketulusan itu hanya terdapat pada kepribadian anak-anak. Ketika anak-anak itu bertumbuh menjadi dewasa, ada banyak pengaruh lingkungan yang membentuk karakternya, sehingga sifat kejujuran & ketulusan hati semakin tersembunyi (merosot). Semuanya berhubungan dengan HARGA DIRI orang dewasa.

Untuk mengatakan hal-hal yang jujur, pasti menimbulkan kesalah-pahaman, dikarenakan persepsi yang berbeda. Sikap yang sejajar dengan kejujuran itu adalah keterbukaan. Sedangkan kejujuran & keterbukaan, kepolosan & keluguan bersumber dari HATI YANG TULUS.

Tanpa ketulusan kejujuran & keterbukaan , keluguan & kepolosan tidak memiliki kualitas hidup. Sebab KETULUSAN HATI sajalah yang mengarahkan sikap & tutur sapa sahabat terhadap kenalannya, bawahan kepada atasannya, suami bagi istrinya, anak pada orang tuanya.

Orang yang berbicara jujur dengan HATI YANG TIDAK TULUS seumpama teman menggunting dalam selimut.

Sebaliknya, orang yang ber-HATI TULUS tetapi tidak terbuka seperti pengkhianat bagi sahabatnya.
KETULUSAN & KEJUJURAN bagaikan ikan dengan air yang tidak dapat dipisahkan.

(SBU)

0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP