SEARCH PKS post

1/04/2007

Lomba Karya Junalistik HIV/AIDS

28 November 2006 - 24 Januari 2007

Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta
Kemitraan Australia-Indonesia

Latar belakang
Komisi Penanggulangan AIDS Propinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Indonesia HIV/AIDS Prevention and Care Project (IHPCP) pernah menyelenggarakan kegiatan pelatihan wartawan secara konsisten. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan wartawan dalam menulis berita AIDS yang akurat dan berkesinambungan. Berita yang ditulis wartawan yang sudah mengikuti pelatihan diharapkan dapat mencerahkan pemahaman khalayak ramai terhadap HIV/AIDS sebagai fakta medis dan menempis mitos.

Melalui pelatihan diharapkan wartawan menambah wawasan tentang HIV/AIDS melalui ceramah, wildfire dan diskusi serta pemahaman yang lebih baik terhadap jurnalistik. Pada pelatihan wartawan diajak menganalisis berita HIV/AIDS untuk melihat apakah berita itu sudah memberikan informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Wartawan akan melihat kesalahan penggunaan terminologi AIDS dan pencampuradukan norma, moral dan agama ke masalah AIDS.

Peserta yang berminat secara terus-menerus dipandu melalui “infoAIDS“ melalui sms, telepon, fax atau e-mail. Para peserta juga bisa mengirimkan naskah ke “infoAIDS“ sebelum diserahkan ke redaktur untuk ’dikoreksi’ agar tulisan atau siaran yang diterbitkan benar-benar komprehensif.

Lomba Karya Jurnalistik AIDS
Untuk memacu kemampuan mencari bahan berita yang kemudian ditelurkan dalam bentuk tulisan atau siaran, maka dilangsungkan Lomba Karya Jurnalistik HIV/AIDS (LKJ AIDS). LKJ AIDS ini dikhususkan bagi wartawan cetak dan elektronik, termasuk media pemerintah daerah di provinsi DKI Jakarta. Lomba ini terbuka bagi wartawan yang sudah pernah maupun belum pernah mengikuti pelatihan HIV/AIDS.

Ada tiga kategori peserta yaitu
(a) wartawan media cetak (koran, majalah, tabloid, maupun media pemerintah daerah; tidak termasuk newsletter atau buletin lembaga)
(b) wartawan radio umum maupun radio pemerintah daerah
(c) wartawan televisi

Persyaratan pengiriman karya
Peserta lomba perlu mengirimkan dua (2) buah karya tulisan (bagi wartawan media cetak) atau karya siaran (bagi wartawan radio atau televisi) yang sudah diterbitkan atau disiarkan di media masing-masing dalam kurun waktu 28 November 2006 sampai dengan 24 Januari 2007.

Topik tulisan atau siaran yang diberikan perlu dilengkapi dengan panduan dan data pendukung.
Oleh karena yang dinilai juga adalah reportase (tulisan atau siaran) yang berkelanjutan. , peserta lomba perlu juga mengirimkan satu (1) karya tulisan atau siaran yang dibuat sebelum kurun waktu tersebut. Rangkaian tulisan dan siaran akan menunjukkan kemampuan wartawan dalam memahami HIV/AIDS.

Jadi peserta harus mengirimkan total 3 (tiga) karyanya.
Persyaratan pengiriman adalah sebagai berikut

Bagi wartawan media cetak
Tulisan yang sudah dimuat di koran, majalah, tabloid, atau media pemerintah daerah dikirimkan dalam bentuk asli untuk dinilai sebagai nomor bukti. .

Bagi wartawan radio
Siaran radio yang sudah disiarkan dikirimkan dalam bentuk rekaman di kaset atau CD dengan pengantar dari Kepala Pemberitaan atau Kepala Stasiun Radio tentang waktu (hari, tanggal dan jam) disiarkan.

Bagi wartawan televisi
Siaran televisi yang sudah disiarkan dikirimkan dalam bentuk rekaman VCD/DVD dengan pengantar dari Kepala Pemberitaan atau Kepala Stasiun Televisi tentang waktu (hari, tanggal dan jam) disiarkan.

Karya yang dilombakan harus sudah diterima oleh Panitia paling lambat Jumat, 26 Januari 2007, pukul 12.00 WIB. Karya lomba dikirimkan kepada:

Sdr Teddy A Setiadi
Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta
Gedung LPMJ / P2TP2A
Jalan Raya Bekasi Timur Km 18
Pulo Gadung, Jakarta 13250
Telp: 021 47880171/72

Karya yang diikutkan pada lomba dinilai tim juri independen. Tim juri adalah perseorangan yang memahami isu-isu HIV/AIDS. Juri akan menilai karya tulis berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Juri memilih satu pemenang untuk tiap kategori sebagai pemenang berdasarkan nilai tertinggi.

Hadiah Lomba
Hadiah diberikan kepada satu pemenang untuk masing-masing kategori, sehingga ada tiga (3) orang pemenang yaitu:

Satu (1) orang wartawan media cetak dengan karya tulisan terbaik
Satu (1) orang wartawan radio dengan karya siaran terbaik
Satu (1) orang wartawan televisi dengan karya siaran terbaik

Hadiah berupa kesempatan mengikuti Pertemuan Nasional HIV/AIDS III di Surabaya, Jawa Timur, 4-8 Februari 2007 dan akan ditanggung biaya perjalanan, akomodasi dan uang saku.

Semua naskah dan materi siaran menjadi milik panitia yang akan dibukukan/didokumen tasikan sebagai materi pembelajaran kalangan luas.

Lomba ini didukung oleh Kemitraan Australia-Indonesia melalui Indonesia HIV/AIDS Prevention and Care Project (IHPCP) Phase II.

0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP