SEARCH PKS post

8/16/2008

Inspirator 63 - Yahusein Kasmawi : Membawa wilayahnya Sebagai Percontohan Ramah Lingkungan

Smart FM Palembang: Pin-May

Bersih dan asri , sebagi rangkain kata yang dapat di lukiskan, ketika memasuki sejumlah RT yang ada di Kelurahan Sialang, Kecamatan Sako Kota Palembang. Penataan kawasan yang indah menjadikan kawasan ini dikenal, dengan kebersihan dan keindahan lingkungannya.
Sepanjang jalan masuk, tampat berjajar rapi puluhan pot bunga yang sengaja dipasang oleh warga. Setiap rumah, juga memiliki berbagai jenis tanaman hias, sehingga terasa sejuk dan asri saat memasuki kawasan itu, meski saat panas sekalipun.

Lurah Sialang – Yahusein Kasmawi mengakui, menciptakan kawasan bersih lingkungan untuk mengakomodasi keinginan warga. Untuk menciptakan lingkungan yang asri itu, selain butuh kesadaran masyarakat juga atas dukungan pemerintah Kota Palembang. Bagi Yahusein, butuh strategi untuk menjadikan kawasan yang sebelumnya biasa menjadi wilayah yang saat ini disebut ramah lingkungan. Trobosan pertama yang dilakukannya, dengan membuat agenda program kebersihan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Untuk meralisasikannya, para petinggi di kelurahan terus memberikan pembinaan dan ketauladanan kepada masyarakat.

Secara pelahan tapi pasti, satu persatu program dijalankan dimulai dari pembuatan got dan bak penampungan sampah secara Gotong Royong. Got yang sebelumnya hanya selebar satu meter, kini sudah dibesarkan oleh warga dengan dana yang dikumpulkan secara swadaya.

Upaya Lurah dan Masyarakat Sialang, ternyata tidak sia –sia. Kini wilayah itu, telah ditetapkan oleh pemerintah Kota Palembang sebagai percontohan Wilayah ramah lingkungan. Perhatian Pemkot Palembang mendukung program masyarakat menciptakan kawasan ramah lingkungan, diwujudkan dengan bantuan APBD untuk pengecoran jalan. Bagi Salah seorang ketua RT –Darwin- di kelurahan Sialang, kesuksesan itu tidak lepas dari kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya.

Kondisi kawasan ramah lingkungan ini, terbentuk sudah memasuki tahun yang kelima. Tidak berhenti, sampai saat ini, program penghijauan masih terus dilakukan hingga tidak menyisakan lahan kosong yang tidak termanfaatkan. Tidak itu saja, ternyata menjadikan kawasan ramah lingkungan sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga. Tidak hanya menciptakan kawasan yang bersih, tetapi adanya kekompakan memberikan kemudahan dalam pembangunan berbagai kepentingan fasilitas umum lainnya.

Editor: Didin.w

Jaringan BLoGGER


0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP