SEARCH PKS post

8/14/2008

Inspirator 63- Ilham Arif Sirajudin : Membangun Generasi dengan gerakan Gemar Membaca

Smart FM Makasar:Silvana Roslin

Angka buta aksara di Makasar, hingga kini masih mencapai hampir 1 persen dari total penduduk sekitar 1 500 000 orang. Ibu kota Propinsi Sulawesi Selatan itu, bahkan menempati rangking 14 buta aksara dari 23 kabupaten kota di Propinsi itu.

Kondisi tersebut, ternyata menjadi keprihatinan tersendiri bagi Wali Kota Ilham Arief Sirajuddin. Kepala Daerah Makasar untuk masa bhakti 2004- 2009 itu menganggap, tingginya angka buta aksara, akan menimbulkan hambatan dalam menjalankan program pembangunan dan pengentasan kemiskinan. Sejumlah trobosan dilakukannya, termasuk mengajak masyarakat untuk gemar membaca . Dalam pandangan Ilham, sumber daya manusia yang berkualitas lahir dari masyarakat yang gemar membaca. Berbekal dari pandangan itu , maka pada 5 Juni 2005, Ilham Arif Sirajuddin, mencanangkan Gerakan Makasar Gemar Membaca.

Bentuk Konkret dari gerakan ini, berupa pembukaan taman bacaan di 14 Kecamatan di Makassar. Ilham berharap, masyarakat yang tidak mampu membeli buku, bisa datang membaca ke taman bacaan. Untuk mengakomodasi keperluan buku pembaca, dibentuk sebuah tim survai yang membantu mendapatkan masukan tentang jenis bacaan dan lokasi – lokasi yang butuh taman bacaan.

Sejak dicanangkan hingga saat ini, sudah berdiri sekitar 90 taman bacaan yang tersebar di seluruh wilayah Makasar. Jumlah itu , hampir seluruhnya di prakarsai oleh masyarakat. Sedangkah upaya pemerintah, diwujudkan dalam bentuk penyediaan Mobil Perpustakaan keliling baik dari Pemerintah Propinsi maupun Pemerintah Kota.

Ilham Arif Sirajudin, yang lahir lahir di Kota Makassar, 16 September 1965 belum puas dengan sudah berdirinya puluhan taman Baca Masyarakat di wilayahnya. Ilham masih bermimpi akan berdiri puluhan taman baca lagi, segingga masyarakat mudah untuk mendapatkan bacaan. Harapan terbesar adalah, semakin banyak masyarakat yang gemar membaca, maka pengetahuan tentang berbagai hal juga meningkat. Lambat laut, jika kondisi itu sudah tercapai, maka kesejahteraan masyarakatpu akan semakin membaik.

Editor:DiDin.W

Jaringan BLoGGER


0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP