SEARCH PKS post

8/15/2008

Inspirator 63 - Maulana Syuhada –Angklung

Smart FM Jakarta: Ibie

Angklung sebagai salah satu alat musik tradisional, kadang dipandang sebelah mata di negeri sendiri. Alat musik khas Sunda ini, justru mendapat apresiasi lebih tinggi di mancanegara.

Maulana Syuhada, merupakan salah seorang yang mempromosikan angklung hingga ke Manca Negara. Ia tetap mencintai dan melestarikan budaya Indonesia itu, meski bertahun-tahun hidup di tengah budaya Barat. Lulusan S-2 sebuah universitas di Jerman ini, rela berkeliling Eropa selama 40 hari untuk mempromosikan angklung sebagai seni Indonesia bersama grupnya.

Meriahnya sambutan penonton ketika Maulanan memainkan angklung di kampusnya, menjadi dasar tekad untuk semakin mempopulerkan seni musik tradisi sunda itu. Tekadnya semakin bulat, tatkala musik itu mudah untuk dimainkan dan murah dalam memproduksi alatnya. Dengan bermain angklung, Maulana juga mendapatkan pelajaran khusus dalam membangun kerjasama.

Maulana bertekad, akan terus mempropulerkan berbagai jenis kesenian tradisional Indonesia ke manca Negara. Selain untuk mencari kepuasan batin, langkah itu juga di maksudkan untuk membangun percintraan Indonesia di mata Internasional.

Maulana adalah dalang dibalik pementasan Muhibah Budaya, yang terdiri dari Keluarga Besar Paduan Angklung Sekolah Menengah Atas 3 Bandung di Muenchen, Jerman, pada tahun 2004. Penampilan tersebut, merupakan bagian dari tur enam negara di Eropa selama 40 hari. Kala itu, Maulana Syuhada sudah pernah kekurangan uang, tersandung sana-sini, dan berhutang hingga delapan ribu poundsterling.

Dalam pandangannya, memperkenalkan musik etnik Indonesia di luar negeri bukanlah proses yang mudah. Menampilkan musik khas nusantara di depan penduduk negara lain, berarti juga menampilkan imej Indonesia sehingga harus di warnai dengan pengorbanan.

Editor: Didin.W

Jaringan BLoGGER


0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP