SEARCH PKS post

7/23/2008

Inspirator 63 - Memasak dengan kompor matahari

PKS intro:
turut memperingati : Hari Anak Nasional 2008
"Saya Anak Indonesia Sejati, Mandiri dan Kreatif"
"Anak Indonesia Sejahtera, Berkualitas dan Terlindungi".
***
Smart FM Banjaramasin : Rahmiwati

Rizki Amalia – siswi kelas VI SD Negeri Rujukan Antasan Besar 7 Banjarmasin, berhasil membuktikan konsepnya, dalam menciptakan kompor bertenaga surya. Buah hati dari Muhammad Mahjuri dan Ida Rusdiana, bahkan dinyatakan sebagai juara I oleh sejumlah professor yang menjadi juri pada Festival Kompetensi dan Kreativitas SD dan TK Tingkat Nasional Tahun 2007, di Bogor – Jawa Barat.

Saat di depan juri, Kiki berhasil membuktikan konsepnya, dalam menciptakan kompor bertenaga surya, sebagai upaya penghematan bahan bakar minyak, khususnya minyak tanah. Ia mencoba melakukan ekperimennya, dengan menyatukan fokus sinar matahari yang di pantulkan melalui kaca pembesar itu.

Kiki yang berwajah manis dan bertubuh subur ini, memang gaya bicaranya sangat meyakinkan. Ia mampu menjelaskan proses pemasakan makanan dan minuman, dengan menggunakan kompor bertenaga matahari secara detil dan rinci.

Kiki mengaku masih belum puas, dengan temuannya itu. Ia berharap, langkahnya dalam mengeksplorasi kemampuannya ini, bisa diikuti teman-teman sebayanya. Apalagi peralatan yang digunakan sangat sederhana, dan tidak membutuhkan biaya terlalu besar.

Siswi kelahiran Banjarmasin, 27 Februari 1996 itu, dikenal sebagai orang yang pandai dan pendiam, namun tidak pemalu. Kiki juga dinilai sebagai orang yang tangguh dalam mempertahankan argumentasinya. Satu hal yang ia ingin sampaikan kepada pengambil kebijakan , adalah agar temuannya ini bisa ditindaklanjuti. Sehingga krisis BBM yang masih menghimpit masyarakat, dapat ditanggulangi. Misalnya dengan memproduksi kompor matahari dalam jumlah besar.

Editor: Didin Wahidin

Inspirator 63: Listen on 95.9 FM - Smart FM Jakarta

BLoGGER disini

0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP