Komunikasi
Komunikasi yang effektif dalam team work, harus menjalankan 5 hukum :
R E S P E C T :
Rasa hormat diantara anggota team membangun alur komunikasi yang seimbang dan komunikatif.
E M P A T H Y :
Kemampuan dari setiap anggota dalam team untuk menempatkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Sadar dan keinginan untuk mencoba mengerti lebih dahulu, sebelum berharap untuk dimengerti oleh orang lain. Kemampuan untuk mendengar dengan "hati" bukan sekedar dengan "telinga"
A U D I B L E :
Pesan yang kita sampaikan harus jelas, sederhana dapat dimengerti dan dipahami, tidak panjang lebar, berbelit dan bertele-tele, Suara dan intonasi yang baik, akan memberikan artikulasi yang jelas.
C L A R I T Y :
Pesan yang dikirim harus transparan dan langsung kepada maksud agar terhindar dari salah tafsir atau salah persepsi.
H U M B L E :
Sikap rendah hati yang ditampilkan dan sikap untuk siap melayani, menghargai satu sama lain.
* Widyanto Duta Nugroho
0 comments:
Post a Comment