SEARCH PKS post

2/26/2007

Kronologi Tenggelamnya KM Levina I

Berikut ini kronologi yang disampaikan Menteri Perhubungan Hatta Rajasa:

Sabtu, 24 Februari 2007 pukul 01.00 WIB
KM Levina I ditarik menuju arah Muara Gembong sebagai upaya terakhir pengamanan. Setengah jam kemudian, dilakukan pengisihan air balance untuk keseimbangan kapal.

"Ini dilakukan untuk mengamankan adanya pelayaran yang masuk ke Tanjung Priok," kata Hatta Rajasa dalam jumpa Pers di Pondok Dayung Polair Polda Metro Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (26/2/2007).

Pukul 18.00 WIB, KM Levina I tiba di perairan Muara Gembong dengan pengawalan kapal TNI KRI Kobra dan KRI Pulo Kayu. Karena kapal dalam keadaan miring, diupayakan untuk ditegakkan kembali.

Pukul 18.15 WIB, tim penyidik Puslabfor Mabes Polri dengan menggunakan kapal Polair 3008 melakukan pengamatan apakah sudah bisa dilakukan olah TKP atau belum. "Selanjutnya dilakukan pemadaman adanya sumber api," ujar Menhub.

Minggu 25 Februari 2007 pukul 11.00 WIB
Penyidik Puslabfor melakukan koordinasi di Markas Polair Pondok Dayung Polair, Tanjung Priok. Pukul 11.30 WIB, Pemberangkatan tim termasuk wartawan dengan menggunakan 3 buah kapal Polair dengan nomor lampung 3201, 3102 dan 3308 yang diawali briefing tentang prosedur keselamatan dan pembagian baju pelampung.

"Khusus wartawan, diberikan briefing terkait dengan daerah yang tidak boleh didatangi sehubungan dengan kegiatan olah TKP," tukas Hatta.

Pukul 12.00 WIB, tiba di tempat dan langsung olah TKP. Pukul 13.30 WIB, KM Levina I tenggelam. Pada saat itu yang ikut dalam olah di TKP ada 10 orang Puslabfor, namun hingga kini 2 orang belum ditemukan sedangkan sisanya selamat.

Sedangkan wartawan yang ikut dalam rombongan yaitu wartawan RCTI 2 orang, Anteve 2 orang, SCTV 3 orang, Lativi 2 orang, Elshinta 1 orang dan Indosiar 2 orang.

Source:Detikcom 26/02/07

0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP