SEARCH PKS post

6/17/2008

LPJ Pengurus 2006-2008

Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)
Pengurus Perkumpulan Karyawan Smartfm (PKS)
Periode 2006 - 2008

Assalamu ‘alaikum wr. Wb & Salam Sejahtera.

Rekan – rekan karyawan Smart FM yang kami hormati, tidak terasa sudah 2 tahun pengurus memandu jalannya wadah ini. Waktu yang begitu singkat 2 tahun, pengurusan periode 2006 – 2008 ini, rasanya belum banyak yang dapat di lakukan atau di persembahkan untuk kemajuan bersama, oleh kepengurusan periode pertama ini. Namun demikian pada prinsipnya, pengurus telah berusaha keras untuk lebih maksimal menyerap berbagai aspirasi dan harapan temen-temen lewat wadah ini, tuk diwujudkan bersama. Meski akhirnya kami harus mengakui banyak berbagai kendala teknis dan masalah lainya yang di temui, sehingga banyak dari harapan teman-teman yang belum semuanya dapat kami penuhi.

Sekedar mengingatkan dalam AD PKS, pada pasal 5 khususnya, wadah ini di bentuk untuk di antaranya ; untuk menghimpun dan mempersatukan seluruh aspirasi pekerja. Meningkatkan kesejahteraan anggota serta memperjuangkan perbaikan nasib, syarat – syarat kerja serta penghidupan yang layak, sesuai dengan kemanusiaan yang adil dan beradab. Menciptakan kehidupan dan penghidupan pekerja serta pola hubungan industrial yang selaras dan serasi dengan membela dan mempertahankan hak – hak dasar serta kepentingan pekerja, menuju terwujudnya tertib sosial, tertib hukum dan tertib demokrasi. Dan menciptakan iklim dan suasana kerja yang sehat dan kondusif.

Dari beberapa program kerja, memang belum semuanya dapat terpenuhi. Diantara yang sulit tercapai itu , dalam upaya mempersatukan satu hal yang menjadi kepentingan bersama. Bebera hal, semangatnya tuk bersatu itu, luntur, ketika berbenturan dengan permasalah yang bersifat sektoral. Padahal permasalah yang muncul di sektoral itu, bisa juga terjadi di sektor lainnya. Hal lainnya, dalam memperjuangkan kesejahteraan bersama, masih belum berhasil. Sementara dalam implementasi PKB yang telah di sepakati oleh Karyawan dan Mnejemen juga belum sepenuhnya berjalan. Namun setidaknya dari PKB itu, hak-hak dasar Karyawan mulai di akomodir.

Hal – hal yang telah di lakukan kepengurusan, diantaranya terus mendorong kesadaran perlunya pemahami hak dan kewajiban seimbang. Agar kita semua menjadi lebih memahami, harus berbuat apa, saat menghadapi persoalan industrial.Melakukan mediasi, dengan karyawan yang menghadapi sebuah persoalan. Mendorong terpenuhinya syarat pekerja yang setara, lewat PKB.

Keuangan
Pengeluaran pada umumnya untuk pekerluan fotocopy AD/ART PKS, dan draft PKB (Perjanjian Kerja Bersama). Dana tersebut merupakan hasil patungan beberapa orang saja. Penarikan Iuran, tidak berjalan maksimal, karena hal teknis. Minimnya anggaran dana yang di miliki, menyebabkan wadah ini terbatas jangkauannya, dalam mengimplementasikan sejumlah kegiatan dan agenda, terutama yang menyangkut dukungan pendanaan. Seperti untuk mengadakan pelatihan, guna meningkatan kemampuan karyawan.


Kesekretariatan
Selama 1 periode kepengurusan pertama ini, belum banyak surat-surat keluar dan masuk.Hanya sekitar 20 surat keluar dan 5 surat masuk. Problem yang di hadapi Kesekretariatan tidak ada tempat khusus untuk menyimpan berkas-berkas. Sehingga pada kepengurusan kedepannya perlu tempat khusus untuk menyimpan arsip-arsip organesasi. Setidaknya loker.


Divisi Advokasi
Beberapa catatan dari Divisi advokasi. Pada dasarnya Divisi telah berusaha melakukan beberapa penyelesaian permasalahan, yang di hadapi teman-teman. Antara lain pemangkasan gaji karyawan Smartfm Surabaya (…sensor). Divisi Advokasi sudah melakukan sounding ke beberapa pengurus, diantaranya ketua PKS sendiri. Dalam kasus itu sebenarnya ada beberapa pelanggaran yang dijalankan manajemen. Pelanggaran itu antara lain tidak memberitahukan lebih dulu konsekuensi pemangkasan tersebut

Permasalahan pelecehan jabatan staff (…sensor) Jakarta, divisi advokasi dan pengurus PKS lainnya sudah melakukan klarifikasi kasusnya kepada yang bersangkutan. Dalam klarifikasi itu diperoleh keterangan darinya bahwa ia sempat dimarahi saat menanyakan keberadaan (…sensor) Sayangnya, staff (…sensor) itu enggan meneruskan kasusnya, dan memilih mengundurkan diri.

Sementara beberapa hal lain yang PKS telah lakukan diantaranya adalah upaya untuk memperjelas keberadaan organisasi, antara lain mendaftarkannya ke dinas DKI, menyampaikannya kepada manajemen bahwa serikat pekerja sudah berdiri, dan meminta adanya Kesepakatan kerja bersama. Dimana PKB itu kini telah dapat di pergunakan bersama . Divisi advokasi dalam periode ini masih mengalami kesulitan secara teknis dalam mendata permasalahan yang dialami karyawan. Selain itu, divisi juga kesulitan melakukan advokasi, jika pihak yang bermasalah menerima keputusan manajemen saat itu juga. Yang seharusnya pihak manajemen juga menyediakan waktu bagi divisi advokasi, untuk menginventarisir dan merumuskan permasalahan.


Divisi Pengembangan Profesi
Sejuah ini belum bisa menyelenggarakan pelatihan secara khusus. Kerena terkendala pendaan. Pelatihan biasanya memanfaatkan undangan pihak lain, yang tengah menyelenggarakan pelatihan tersebut, dengan mengirimkan perwakilan, dengan bekerja sama pihak terkait.


Web–Blog / Online Support
Sebagai sarana berkomunikasi, antar karyawan. Dengan memuat beberapa informasi yang perlu di sosialisikan. Hasil karya temen-temen termasuk hal-hal lainnya yang layak di tampilkan dalam media ini. Meski belum maksimal dan popular di internal sendiri, namun blog PKS telah popular di antara SP Media di luar. Hal ini terlihat, dari seringnya blog ini di akses oleh rekan – rekan SP yang ada.


Terima kasih kami sampaikan atas dukungan teman-teman, hingga terselenggaranya kepengurusan PKS periode 2006-2008 ini dengan berbagai warna yang telah di lalui. Baik berupa rintangan, halangan, maupun warna lainnya yang mempu membuat kita sama-sama tersenyum…
Salam pengurus PKS periode 2006-2008…



SUSUNAN DAN NAMA PENGURUS
PERKUMPULAN KARYAWAN SMART FM
PERIODE 2006 - 2008



KETUA
JAY WALUYO

WAKIL KETUA
DIDIN WAHIDIN

SEKRETARIS
DINI A.

BENDAHARA
AMELIA MUTIA

KOORDINATOR DIVISI ADVOKASI
SIDIK PURWOKO

KOORDINATOR DIVISI PENGEMBANGAN ORGANISASI
DAN PROFESI
PRAYUDI HANDOYO

WEB – BLOG SUPPORT
ONIE.FM

0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP