SEARCH PKS post

3/24/2008

Menuju Perjuangan Bersama

Komite Persiapan Federasi Serikat Pekerja Media- Independen
(FSPM- Independen)
Sekretariat: Jl. Prof. Dr. Soepomo Kompleks Bier No. 1A, Pancoran, Jakarta Selatan, Telp (021)8370266


Lahirnya sebuah wadah bagi pekerja Media sebagai tempat untuk menyatukan cita-cita dan keinginan bersama, menuju pekerja media yang bermartabat dan sejahtera, sesungguhnya telah lama diharapkan banyak pihak, terutama dari kalangan pekerja media itu sendiri. Dari waktu kewaktu, proses kelahiran wadah yang diharapkan dapat menyatukan persamaan nasib pekerja media di tanah air ini, terus di gagas dan di rintis. Namun realitasnya hingga kini organesasi yang diharapkan dapat menyatukan seluruh pekerja media itu, belum juga terwujud. Padahal selama ini banyak pihak, telah berusaha keras untuk mendorong lahirnya sebuah wadah bagi pekerja Media di tingkat nasional.

Ada beberapa faktor yang tampaknya kita sama-sama coba pahami, atas selalu kandasnya cita-cita dan perjuangan dalam membangun wadah untuk mempersatukan seluruh pekerja media ini, di antaranya; banyaknya pihak-pihaknya yang memiliki otoritas kekuatan dalam industri Media, yang selalu berusaha menghalang-halangi upaya pekerjanya mempersatukan diri dalam sebuah wadah. Kekawatiran ini, konon didasari akan kelangsungan bisnis media yang tengah dibangun. Sungguh ini suatu hal yang berlebihan. Padahal dengan kondisi seperi ini, kondisi pekerja media yang tercerai-berai, justru yang paling lemah adalah pekerja itu sendiri, karena tidak memiliki posisi tawar. Dan yang paling di untungkan adalah pelaku idustri Media.

Memang kita tampaknya sama-sama coba berbesar hati, melihat realita ini. Di saat sektor pekerja –pekerja lainnya telah lama menyatukan persamaan nasipnya, lewat wadah Federasi maupun Konfederasi, namun sektor pekerja Media saat ini baru mencoba memulai menyatukan diri. Padahal selama ini media lah yang paling gencar mengangkat isu-isu perburuhan. Namun sangat ironis, kondisi pekerja Media nasipnya tidak jauh beda dengan nasip buruh lainnya, yang masih jauh dari kondisi bermartabat dan sejahtera.

Faktor lain yang tidak kalah penting, sebagai penyebab sulitnya pekerja media membangun dan menyatukan diri dalam sebuah wadah adalah, kurang pedulinya pekerja Media itu sendiri akan hak-haknya sebagai pekerja dan berserikat. Padahal sebagain besar pekerja media saat ini, merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan intelektual cukup bagus, karena rata-rata pernah mengeyam bangku perguruan tinggi. Kondisi sebagian besar dari pekerja media yang bersikap apatis, skeptis, tidak peduli dengan hak-haknya, dan tidak memiliki posisi tawar dengan Perusahaan, merupakan faktor sulitnya pekerja media membangun Federasi selama ini. Kami menghargai upaya banyak pihak yang selama ini terus memperjuang kan terbentuknya wadah bagi pekerja media, yang tentunya tidak dapat kami sebutkan satu-persatu. Kami juga banyak belajar dari gegagalan dan kegagalan yang terjadi, dalam membangun Federasi pada waktu sebelumnya. Dengan harapan, kondisi seperti itu tidak perlu terjadi lagi .

Komite Persiapan FSPM-Independen lahir, tidak lepas dari intensitas pertemuan kami, sesama pekerja media, pengurus serikat pekerja media yang ada di Jakarta, dan daerah lainnya, di antaraya Dewan Karyawan Tempo (Dekat), Forum Karyawan Swa (FKS), Perkumpulan Karyawan Smart FM (PKS), SP Radio 68H yang sekarang berubah nama menjadi Green Radio, SP Hukumonline, Serikat Pekerja Kontan, semakin mendorong kami untuk terus menyamakan persepsi dan mendorong terbentuknya Federasi bagi pekerja Media ini.

Kehadiran FSPM-Independen ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan posisi tawar pekerja di hadapan pemodal untuk mewujudkan hubungan kerja yang seimbang, adil dan bermartabat. Membangun serikat-serikat pekerja media yang kuat dan berwibawa. Menghimpun dan menyatukan pekerja media di bidang Penerbitan Pers,Percetakan Pers, Radio, Media Online dan Televisi. Memperjuangkan sistem kerja yang adil, bermartarbat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai HAM. Membangun solidaritas internasional untuk memperjuangkan hak-hak pekerja media. Meningkatkan produktivitas kerja, syarat-syarat kerja dan kondisi kerja.

Akirnya dengan ini, kami atas nama Komite Persiapan Federasi Serikat Pekerja Media- Independen mengajak teman-teman, rekan-rekan seluruh pekerja media bergabung dalam wadah yang tengah kita bangun secara bersama sama ini. Untuk mencapai cita-cita sebagai pekerja Media yang bermartabat dan sejahtera.

Jakarta,18 Maret 2008
Atas nama Komite Persiapan Federasi Serikat Pekerja Media- Independen.

Koordinator
Jay Waluyo

Sekretaris
Maria Hasugian

0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP