SEARCH PKS post

3/19/2008

AJI: Upah Layak Minimum Jurnalis Jakarta Rp 4,1 Juta

Note:acara ini juga dihadiri ketua PKS Jakarta (Jay Waluyo)

Jakarta - Setelah lebih setahun berlalu, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) cabang Jakarta mengupdate standar upah minimum jurnalis. Dari Rp 3,1 juta pada 2006, menjadi Rp 4,1 juta untuk tahun 2008.

"Agar profesionalisme jurnalis bisa ditingkatkan, AJI Jakarta menetapkan standar upah layak minimum sebesar Rp 4.106.636 per bulan," ungkap Koordinator Divisi Serikat Pekerja AJI Jakarta, Winuranto Adhi, dalam launching di Kantor AJI Jakarta, Kompleks Bier, Jl Soepomo, Jakarta Selatan, Selasa (18/3/2008).

"Standar upah ini berlaku bagi seorang jurnalis muda di Jakarta yang baru diangkat menjadi karyawan tetap," tambah Winuranto.

Komponen upah minimum layak ini meliputi makanan-minuman sebesar Rp 1,4 juta, perumahan Rp 500 ribu, sandang Rp 234.167, aneka kebutuhan lain seperti pulsa, transportasi, laptop, dan rekreasi yakni Rp 1.584.638. Ditambah komponen tabungan, maka total mencapai angka Rp 4.106.636.

"Satu komponen baru yang kami masukkan adalah kebutuhan akan laptop yang dicicil selama 3 tahun. Komputer jinjing ini bukanlah barang mewah bagi jurnalis, melainkan kebutuhan riil demi menunjang kinerja jurnalis," imbuh Winuranto yang akrab dipanggil Wiwin.

AJI memperhitungkan laptop memiliki spesifikasi Dual Core, 512 Mb, 80 Gb, DVD/CDRW, 56k modem, Wifi, yang memiliki nilai Rp 5 juta. Angka ini diangsur selama 36 bulan, sehingga perbulan hanya Rp 138.888.

Upah layak minimum ini belum memasukkan jaminan asuransi keselamatan kerja, jaminan kesehatan, jaminan sosial tenaga kerja, hak cuti, tunjangan keluarga, makanan dan minuman bergizi bagi karyawan yang bekerja malam, kendaraan operasional bagi jurnalis perempuan, dan bonus bagi jurnalis berprestasi.

Angka Rp 4,1 juta ini didasari pada survei pengeluaran seorang jurnalis muda dan rasionalisasi standar kerja jurnalis. Angka ini juga memperhitungkan angka inflasi. Tidak dijelaskan apakah besaran upah ini sudah termasuk pajak atau belum.

Detiknews

Komponen Upah Layak AJI 2008 (See on Arsip PKS)

0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP