SEARCH PKS post

11/13/2006

10 Koran Berbahasa Indonesia Terbaik

[JAKARTA] Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional memberikan penghargaan kepada media massa yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Penghargaan itu diberikan di Jakarta, Kamis (9/11) dalam rangka memperingati Bulan Bahasa tahun 2006.

Menurut Ketua Panitia Bulan Bahasa Sugiono, 10 media massa yang dinilai menggunakan bahasa dengan baik dan benar tersebut adalah Media Indonesia, Koran Tempo, Kompas, Bisnis Indonesia, Jawa Pos, Investor Daily, Suara Pembaruan, Republika, Berita Kota, dan Haluan.

"Penilaian didasarkan pada penggunaan bahasa di rubrik berita utama dan editorial. Dalam pandangan para juri, kedua berita itulah yang dipersiapkan paling matang oleh media," katanya.

Dijelaskan, peran media massa dalam penggunaan bahasa di masyarakat sangat tinggi. Sebab itu, penghargaan tersebut tidak diperlombakan, tetapi dinilai oleh para juri dengan tujuan memberikan panduan kepada masyarakat.

"Kita ingin masyarakat tahu kalau ingin menggunakan bahasa Indonesia yang baik, lihatlah di media massa tersebut. Kita tidak ingin mengatakan kalau bahasa yang digunakan media lain tidak baik, tetapi bahasa sangat sesuai dengan pasar dari media itu sendiri," jelasnya. Selain dari Pusat Bahasa, para juri terdiri dari berbagai unsur, di antaranya Forum Bahasa Media Massa, perguruan tinggi dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). [A-22]
Suara Pembaruan, 9 November 2006

0 comments:

Copyrights @ 2006 Perkumpulan Karyawan SmartFM - Jakarta, Indonesia
http://crew-smartfm.blogspot.com

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP